Teknologi buatan Madiun hampir dicuri Malaysia

MADIUN - Hak merek dan hak paten merupakan hal yang mutlak dimiliki dari hasil sebuah kreasi atau produk. Jika hasil karya seseorang tidak didaftarkan hak merek dan hak paten bukan tidak mungkin karya tersebut akan dicuri ataupun diakui oleh negara lain.
Dirjen IKM Kementerian Perindustrian, Euis Saedah, menceritakan, salah satu produk Indonesia yang hampir dicuri Malaysia. Produk tersebut adalah bioteknologi pupuk organik cair dan nutrisi organik cair.
"Bioteknologi, ini bagaimana IKM membuat pupuk organik nutrisi organik. Ini dari peneliti independen dari Madiun dan hampir diambil malaysia. Ini produk terbaik dan mendapat juara satu IKM terbaik di salah satu stasiun televisi," cerita Euis di Gedung Kementerian Perdagangan di Jakarta, Kamis (24/10).
Menurut Euis, produk bioteknologi tersebut sekarang telah diberi hak merek dan sedang proses hak paten. Sebelum memperoleh hak paten, suatu produk harus mendapat hak merek terlebih dahulu. Menurutnya, hak merek dan hak paten mutlak dimiliki. Untuk mengurusnya pun tidak menghabiskan biaya banyak.
"Kalau mengurus itu mengajukan dokumen ke Kumham. Mendaftarkan paten nanti drafting prosedur dan kita guide gratis sampai di Kumham," tegasnya.
Untuk memperoleh hak paten memang membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 2 tahun. Ini karena produk tersebut 'dipajang' terlebih dahulu sampai tidak ada yang keberatan. Diakuinya, masih sedikit produk karya bangsa yang mendaftarkan hak paten lantaran waktu yang dibutuhkan untuk mengurus itu terbilang lama.
"Paten sedikit masih di bawah 5 (yang daftar). Ini tidak mudah untuk paten itu, dipajang 2 tahunan sampai tidak ada yang mengakui. Yang sedang kita urus hak paten itu yang lainnya proses pengawetan makanan, ada lagi lukisan dari pasir," tutupnya.



Sumber: merdeka.com
 

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Lintas_Daerah pada 16.53. dan Dikategorikan pada , , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

PENGUNJUNG ONLINE

2010 Lintas Madiun. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Madiun