Cegah Konflik, Polisi dan Pimpinan Perguruan Silat Gelar Pertemuan

MADIUN -- Kepolisian Resor (Polres) Madiun Kota dan sejumlah pimpinan perguruan pencak silat di wilayah Madiun, Jawa Timur, melakukan "duduk bersama" atau pertemuan berdiskusi mengenai keamanan dan kerukunan antarpesilat, khususnya saat agenda Suran Agung.

Kapolres Madiun Kota AKBP Anom Wibowo, Sabtu, mengatakan, polisi dan para pesilat perlu berdiskusi untuk mencari solusi dari ancaman kerusuhan menjelang, saat, dan juga setelah agenda Suran Agung atau malam 1 Muharam berlangsung.

"Selain itu, pertemuan dengan pimpinan perguruan pencak silat yang digelar baru-baru ini juga merupakan tindak lanjut dari hasil Sarasehan Rembug Pencak Silat se-Jatim dan deklarasi damai antarperguruan pada awal Oktober lalu di aula Asrama Haji Madiun Kota," katanya.

Dengan melakukan pertemuan secara berkesinambungan diharapkan terjalin terus silaturahmi dan menekan gesekan.

Menurut dia, pertemuan yang dikemas dalam bentuk Cangkrukan Polmas tersebut membuahkan sejumlah kesepakatan sebagai perwujudan dari paguyuban pencak silat.

Kesepakatan itu antara lain, harus segera diadakan kegiatan positif yang mampu menunjang prestasi pencak silat dan mengembangkan momentum pencak silat Madiun menjadi agenda pariwisata yang menarik.

"Selain itu juga terdapat gagasan untuk mendirikan Padepokan Pencak Silat bersama atau Kampung Pesilat. Makna Kampung Pesilat, yakni sebagai daerah yang tenteram dan damai yang dihuni oleh para pendekar," kata dia.

Anom menilai selama ini kepolisian dan pihak terkait hanya fokus pada tindakan untuk menghentikan saat konflik sosial tersebut terjadi. Diharapkan dengan adanya paguyuban, permasalahan yang ada dapat dibahas dan dipecahkan secara bersama-sama.

"Dengan mengajak duduk bersama para pimpinan perguruan pencak silat tersebut, konflik sosial yang selama ini terjadi dapat dicegah. Diharapkan saat Suran Agung pada November mendatang tidak ada konflik," kata dia.


 

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Lintas_Daerah pada 16.57. dan Dikategorikan pada , , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

PENGUNJUNG ONLINE

2010 Lintas Madiun. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Madiun