Awas! 45 PSK Remang-Remang Kabupaten Madiun terjangkit HIV/AIDS

Sekitar 45 pekerja seks komersial (PSK) liar yang beroperasi di warung remang-remang yang tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Madiun,
Jawa Timur, terjangkit virus Human Immunodeficiency Virus (HIV)/Acquired Immuno Deficiency Syindrome (AIDS).
Menurut Ketua Komisi Perlindungan Aids (KPA) Kabupaten Madiun, Heri Setiawan, empat daerah tersebut meliputi wilayah Kecamatan Dolopo, Jiwan, Pilangkenceng dan Saradan. Pasalnya, di desa tertentu yang masuk wilayah empat kecamatan tersebut, ada PSK liar yang beroperasi di warung remang-remang.
“Ada 54 PSK positif (terjangkit virus HIV). Mereka tersebar di empat kecamatan. Yakni kecamatan Dolopo, Jiwan, Pilangkenceng dan Saradan”, terang Ketua KPA Kabupaten Madiun, Heri Setiawan.
Diberitakan sebelumnya, menurut data Komisi Perlindungan Aids (KPA) Kabupaten Madiun, Jawa Timur, sejak 2002 hingga September 2013, ditemukan sebanyak 239 kasus HIV/AIDS. Diantara itu, 54 orang merupakan ibu rumah tangga dan 20 orang eks TKI. Dari jumlah itu, 81 orang sudah meninggal.
Pada tahun 2002 hingga 2012, ditemukan sebanyak 187 kasus. Dengan rincian, kasus HIV sebanyak 82 dan AIDS 105 kasus. Sedangkan pada tahun 2013 hingga bulan September, di temukan sebanyak 52 kasus dengan rincian, kasus HIV sebanyak 23 kasus dan AIDS 29 kasus.
Jika dikelompokkan berdasarkan usia, yang paling dominan terserang HIV/AIDS adalah kelompok usia 31 sampai dengan 45 tahun. Usia produktif ini, menduduki angka tertinggi dalam kasus HIV/AIDS.
Dari volume korban virus ganas ini, didominasi kaum perempuan. Data KPA Kabupaten Madiun, laki-laki yang terkena AIDS ‘hanya’ 31 orang. Sedangkan perempuan, mencapai 81 orang. Kemudian untuk perempuan yang terkena virus HIV ada 74 orang dan yang terkena AIDS ada 53 orang atau total 127 orang.
Ironisnya, di Kabupaten Madiun kasus HIV/AIDS sudah menyebar di 15 kecamatan. Sedangkan temuan kasus tertinggi, ditemukan di wilayah Kecamatan Jiwan dengan 53 kasus. Sedangkan yang paling dominan tertular HIV/AIDS, berasal dari hubungan badan secara langsung.
 
 
Sumber: Siaga.co


JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Lintas_Daerah pada 23.34. dan Dikategorikan pada , , , , , , , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

PENGUNJUNG ONLINE

2010 Lintas Madiun. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Madiun